Kamis, 01 Maret 2012

Hakim VS Pencuri Singkong VS Pengunjung sidang



Keadilan dinegeri ini ternyata belumlah habis tanpa sisa ini dan bekas ini terbukti masih adanya hakim yang mempunyai hati nurani dan kontra terhadap korupsi,meskipun hakim ini menghadapi Dilema dalam mengambil keputusan tapi pada akhirnya bisa mengambil jalan tengah yang dirasa sangat adilbagi semua pihak baik bagi tergugat dan penggugat.Berikut ini ada petikan sebuah cerita nyata yang diambil dari Sumsel tepatnya tahun 2011 dan semoga kia bisa mengambil hikmah dari peristiwa berikut.

... Kasus tahun 2011 lalu di Prabumulih, Sumsel (Kisah Nyata)
Di ruang sidang pengadilan, hakim MARZUKI duduk tercenung menyimak tuntutan jaksa PU terhadap seorang nenek yang dituduh mencuri singkong, nenek itu berdalih bahwa hidupnya miskin, anak lelakinya sakit, dan cucunya lapar. Namun manajer PT Andalas Kertas (Bakrie Grup) tetap pada tuntutannya, agar menjadi contoh bag warga lainnya.

Hakim MARZUKI menghela nafas. Dia memutus di luar tuntutan jaksa PU, "Maafkan saya", katanya sambil memandang nenek itu.

"Saya tak dapat membuat pengecualian hukum, hukum tetap hukum, jadi anda harus dihukum. Saya mendenda anda Rp 1 juta dan jika anda tidak mampu bayar maka anda harus masuk penjara 2,5 tahun, seperti tuntutan jaksa PU".

Nenek itu tertunduk lesu, hatinya remuk redam, sementara hakim Marzuki mencopot topi toganya, membuka dompetnya kemudian mengambil & memasukkan uang Rp 1 juta ke topi toganya serta berkata kepada hadirin.

`Saya atas nama pengadilan, juga menjatuhkan denda kepada tiap orang yang hadir di ruang sidang ini sebesar Rp 50 ribu, sebab menetap di kota ini, yang membiarkan seseorang kelaparan sampai harus mencuri untuk memberi makan cucunya.

Saudara panitera, tolong kumpulkan dendanya dalam topi toga saya ini lalu berikan semua hasilnya kepada terdakwa."

Sampai palu diketuk dan hakim MARZUKI meninggalkan ruang sidang, nenek itupun pergi dengan mengantongi uang Rp 3,5 juta, termasuk uang Rp 50 ribu yang dibayarkan oleh manajer PT Andalas Kertas yang tersipu malu karena telah menuntutnya.

Sungguh sayang kisahnya luput dari pers. Kisah ini sungguh menarik sekiranya ada teman yang bisa mendapatkan dokumentasi kisah ini bisa di share di media untuk jadi contoh hakim berhati mulia.



 Dari peristiwa diatas hendaknya Para HAKIM yang bertindak dalam pemutus suatu perkara selalu bersikap adil dan bijaksana tanpa ada unsur provokasi dari berbagi pihak dan selalu berpegang dalam peraturan yang ada karena pada dasarnya" Hakim yang adil dalam mengambil setiap keputusan suatu perkara bagaikan meletakkan satu kakinya disurga dan satu kakinya lagi dineraka jadi Semua hasil dari keadilan didunia ini diputuskan oleh seorang HAKIM yang adil".


sumber

Jangan lupa di like...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar