Minggu, 25 Maret 2012

Tetel Alias Jadah ( Jajanan Tradisional Jawa)

kalau udah ngomongin Jawa, pasti gak lepas sama yang namanya adat, budaya, mitos, kepercayaan, filosofi blah blah blah yang masih dipegang oleh masyarakat Jawa.. termasuk kalau ngomongin jajanan yang satu ini.. tetel, atau sebagian orang menyebutnya jadah.. konon kalau dua orang sedang jatuh cinta dan bahkan merencanakan sebuah pernikahan, kue ini harus ada di dalam daftar seserahan dari pihak laki-laki, katanya si sebagai perekat, atau pelengket yang disimbolkan dengan kue tetel atau jadah ini yang emang kalau dipegang dan dimakan tuh lengket2, liat2 gurih2 enak de pokoknya.. (huhu.. jadi kangen omah)
bahan utama tetel/jadah ini adalah beras ketan yang udah direndam dulu semalaman, kemudian ditiriskan, terus dicampur dengan parutan kelapa dan garam dikit biar lebih gurih dan kemudian dikukus sampai tanak.. baru kemudian ditumbuk kalau saya bilangnya dideplok sampe tercampur rata dan lumer (lembut).. terus dicetak, kalau udah dingin baru dipotong2.. beberapa orang termasuk kakak saya suka banget makan tetel ini di-mix sama tape ketan ijo, yang juga dibikin ibu saya waktu sunatan ponakan saya di Malang..
tetel bikinan ibu saya ni, lembuuut banget.. :)
bapak dan ibu saya berkolaborasi ndeplok tetel wkwkkk
ibu saya lagi nyetak tetel, pake tangan aja.. (iyalah masa pake kaki, maksud saya gak pake cetakan)
ini ibu saya sehari sebelumnya lagi bikin tape ketan ijo..
Sumber

Jangan Lupa Di Like...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar