Kamis, 29 Maret 2012

Marteens Bawa Alkmaar Tundukkan Valencia 2-1

 
AFP/JOHN THYS
 
Gelandang AZ Alkmaar, Maartens Martens (tengah) merayakan golnya bersama rekan-rekannya saat melawan Valencia pada leg pertama babak perempat final Liga Europa, Kamis atau Jumat (30/3/2012) dini hari WIB. Alkmaar akhirnya menang 2-1.
Gelandang Maarten Martens menjadi pahlawan AZ Alkmaar saat bertemu Valencia di leg pertama babak perempat final Liga Europa, Kamis atau Jumat (29/3/2012). Pemain asal Belgia tersebut menciptakan gol kemenangan Alkmaar di pertandingan yang berakhir dengan skor 2-1 tersebut.

Permainan kedua tim berlangsung dengan tempo lambat pada menit-menit awal. Meski demikian, Valencia lebih dulu mendapat peluang melalui Robert Soldado pada menit ke-9. Sayang, bola tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti masih mampu diantisipasi kiper Esteban Alvarado.

Dua menit berselang, giliran Jordi Alba yang mendapat kesempatan. Menerima umpan dari dari sisi kiri, Alba kemudian melepaskan tendangan ke arah gawang. Namun, usahanya itu kembali gagal karena bola tendangannya berhasil ditepis kiper Alvarado.

Alkmaar berusaha keluar dari tekanan. Tim asuhan Gertjan Verbeek membangun serangan dari sisi kiri. Aksi individu penyerang Jozy Altidore melepaskan tendangan keras setelah melewati sejumlah bek Valencia. Akan tetapi, tendangannya itu masih mampu dimentahkan kiper Diego Alves.

Valencia mendapat peluang emas pada menit ke-41 melalui Roberto Soldado. Namun, tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih dapat diantisipasi kiper Alvarado dengan baik. Di menit terakhir babak pertama, Brett Holman membuat kejutan, membobol gawang Valencia. Gol ini pun membuat Alkmaar unggul 1-0.

Di babak kedua, Valencia berusaha mengejar ketertinggalan. Usaha mereka itu tercapai ketika Mehmet Topal akhirnya mampu mengubah skor menjadi imbang 1-1 pada menit ke-51. Topal menyundul bola masuk ke gawang berkat umpan silang Antonio Barragan dari dari sisi kanan pertahanan Alkmaar.

Sepanjang babak ini, kedua tim lebih banyak memainkan bola di tengah lapangan. Selain itu, rapinya barisan pertahanan kedua kubu membuat sejumlah serangan yang dilancarkan gagal menghasilkan gol.

Memasuki sepuluh menit terakhir, tuan rumah berhasil unggul 2-1 berkat gol Maarten Martens pada menit ke-79. Memanfaatkan umpan akurat dari Holman, Martens lantas melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti yang masuk ke dalam gawang.

Valencia mencoba membalas pada menit ke-85 melalui Topal. Namun, usahanya tersebut gagal, karena bola tendangannya masih menyamping tipis ke sisi kiri gawang Alkmaar. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 2-1 untuk kemenangan Alkmaar pun tidak berubah.

Susunan Pemain:
AZ Alkmaar: 34-Esteban Alvarado, 14-Ragnar Klavan, 3-Dirk Marcellis, 25-Niklas Moisander, 20-Rasmus Elm, 15-Simon Poulsen, 11-Maarten Martens, 7-Johann Berg Gudmundsson, 8-Adam Maher, 17-Jozy Altidore, 27-Brett Holman.

Valencia: 1-Diego Alves, 20-Ricardo Costa, 12-Antonio Barragan, 22-Jérémy Mathieu, 17-Jordi Alba, 15-Ángel Dealbert Ibáñez, 19-Pablo, 5-Mehmet Topal, 8-Sofiane Feghouli (7-Jonas 64), 24-Alberto Costa, 9-Roberto Soldado.

Wasit: Martin Atkinson.

Sumber

Jangan Lupa Di Like...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar